Langsung ke konten utama

Tempat Wisata di Pulau Moyo

Desa Labu Aji


Desa labu aji berada di pulau moyo, dapat ditempuh dengan menggunakan boat nelayan atau speed boat yang disewa di labuhan sumbawa.
Lama perjalanan ke pulau moyo menggunakan boat kayu nelayan dari labuhan sumbawa sekitar 1 jam 30 menit sampai 2 jam, sedangkan bila menggunakan speed boat sekitar 45 menit.

Desa labu aji adalah gerbang utama jika ingin mengunjungi air terjun Mata Jitu dan air terjun Diwu Mbai.berbagai kegiatan atau wisata alam dapat kita lakukan selama berada di desa labu aji, seperti trekking, bersepeda menyusuri hutan dan pantai, fishing, snorkelling di takat segele yang berada di depan desa labu aji atau wisata alam lainnya.
Jika ingin menginap, di desa labu aji terdapat beberapa penginapan atau homestay, dapat juga menyewa rumah penduduk.

Air Terjun Mata Jitu


Obyek wisata alam yang menjadi ikon Pulau Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini tersembunyi di tengah hutan. Airnya jernih dan sejuk menyegarkan, berwarna kehijauan dengan kolam yang terbentuk secara alami dan bersusun susun. Air Terjun Mata Jitu tidak terlalu sulit dijangkau dari Desa Labuan Aji yang menjadi pintu masuk utama Pulau Moyo. Desa Labuan Aji terletak di sebelah utara Pulau Moyo
Untuk mencapai air terjun Mata Jitu, bisa dilakukan dengan berjalan kaki langsung dari Desa Labuan Aji buat mereka yang secara fisik memungkinkan. Perjalannya sedikit mendaki, tetapi tidak terlalu terjal. Pilihan lainnya adalah dengan naik sepeda motor (bisa disewa di Desa Labuhan Aji) separuh jalan, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki. Perjalanan ini akan melalui kebun jambu mente (cashew) yang ditanam masyarakat dan selanjutnya mengikuti jalan setapak di bawah kanopi/tajuk pohon hutan alami.

Takat Segele


Takat Segele merupakan gundukan pecahan karang keras (hard coral) yang sudah mati berada di tengah laut. Bentuk pulau karang ini berubah-ubah tergantung  arus dan pasang-surut air laut. Posisinya berada di sebelah barat Pulau Moyo, maka Takat Sagele merupakan tempat yang menarik untuk menikmati suasana saat matahari tenggelam (sunset).
Air lautnya jernih dan bening , ditemukan bermacam jenis ikan hidup dan mendiami perairan pulau kecil ini, menjadikan tempat ini sebagai tempat yang asyik dan menyenangkan untuk melakukan kegiatan snorkrlling.

Takat Segele berada di depan Desa Labu Aji, Pulau pasir ini akan nampak jelas kelihatan dari Desa Labu Aji pada saat air laut pasang surut.
Dari Desa Labu Aji, Takat Segele dapat tempuh dengan menggunakan Boat sekitar 10 atau 15 menit.

Pantai Tanjung Pasir



Tanjung Pasir berada di ujung selatan Pulau Moyo,dengan hamparan pasir putih dan gugusan bukit disekitarnya. Pantai Tanjung Pasir dengan perairannya yang  tenang,cocok dijadikan sebagai tempat berenang dan bermain di tepi pantai,menikmati dan menyaksikan matahari terbit (Sunrise) serta tempat Camping yang mengasikkan. Gunung Tambora nampak jelas dari pantai Tanjung Pasir.Pemandangan bawah laut di pantai ini sangat mempesona,.Selain pemandangan alamnya yang indah, terumbu karangnya masih terjaga dengan baik lengkap dengan ikan ikannya yang beraneka ragam.Tanjung Pasir merupakan tujuan utama bagi para penyelam dan merupakan tempat yang bagus untuk melakukan kegiatan snorkeling. Ada beberapa pondok kecil tempat untuk beristirahat sambil duduk menimati pemandangan dan merasakan suasana yang tenang dan sejuk.

Pantai Ai Manis


Berada di bagian selatan Pulau Moyo di perairan Selat Saleh. Pantai Ai Manis merupakan kawasan yang menjadi tujuan wisata bagi anda yang suka dengan petualangan di alam. Banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan di sini, seperti snorkeling,diving,camping dan trekking.
Pantai Ai Manis merupakan kawasan yang menjadi spot diving dan snorkeling karena keindahan alam bawah lautnya yang indah dan kaya dengan terumbu karang dan biota laut lainnya.

Di kawasan Ai manis juga terdapat Hutan tropis yang dihuni oleh berbagai jenis hewan liar. Anda dapat mencoba melakukan kegiatan menyusuri hutan atau hiking ke gua kelelawar yang berada tidak jauh dari pantai ini.

Brang Sedo


Brang Sedo merupakan sebuah perkampungan kecil di pinggir pantai yang berada di tepi hutan. Kawasan ini merupakan kawasan wisata alam yang tenang dengan keindahan pantai dan bawah lautnya, sehingga di kawasan ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling, diving, fishing dan camping. Tidak jauh dari Brang Sedo terdapat sebuah gua yang dihuni oleh binatang seperti Kelelawar dan Ular Python. Untuk menuju ke gua tersebut anda bisa melakukan dengan jalan kaki atau trekking menyusuri lebatnya pepohonan dan kemungkinan bertemu dengan binatang liar saat menuju ke gua ini.


 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEWA KAPAL KE PULAU MOYO

HUBUNGI : 081909104769 - 082341949738 KAPASITAS PENUMPANG : 25 ORANG DILENGKAPI DENGAN TOILET PAKET TRIP KE PULAU MOYO MENGGUNAKAN KAPAL 1 HARI HARGA SEWA KAPAL : IDR ( Hubungi Kami ) BERANGKAT : JAM 07 00 PAGI KEMBALI       : JAM 16 30 SORE TEMPAT WISATA YANG DIKUNJUNGI : DESA LABU AJI AIR TERJUN MATA JITU AIR TERJUN DIWU MBAI TAKAT SEGELE TOUR ACTIVITIES : SNORKELING, TREKKING, EXPLORING DAN ADVENTURE

SEWA SPEED BOAT KE PULAU MOYO

ANDA INGIN BERWISATA KE PULAU MOYO ? HUBUNGI : 081909104769 - 082341949738 BOAT INCLUDE : SNORKELING EQUIPMENT, LIFE JACKET, MINERAL WATER, BOAT CAPTAIN AND CREW KAPASITAS BOAT : 12 ORANG KECEPATAN : 40 MENIT ( SUMBAWA - P.MOYO ) DAN 60 MENIT ( SUMBAWA - P.SATONDA )

TOUR PULAU MOYO MATA JITU FULLDAY

Tour ke Pulau moyo 1 hari ini di mulai pukul 08 00 pagi dari Labuhan Sumbawa menuju desa Labu Aji untuk adventure ke air terjun Mata Jitu dan Diwu Mbai kemudian snorkeling di Takat Segele. Air terjun yang pertama dikunjungi adalah Mata Jitu dengan naik ojek sekitar 20 menit kemudian dilanjutkan dengan soft trekking sekitar 5 menit untuk menuju ke lokasi air terjun. Setelah puas menikmati segar dan dinginnya air di air terjun Mata Jitu, perjalanan kita lanjutkan ke air terjun Diwu Mbai yang tidak kalah serunya. Jam 12 00, kembali ke desa labu aji untuk makan siang dengan menu tradisional seperti ikan bakar,sepat atau singang. Jam 14 00, aktivitas kemudian dilanjutkan dengan snorkeling di Takat Segele, setelah itu kembali ke Sumbawa Besar pada jam 16 00. Harga : IDR 500.000 / Orang Destinasi :  Desa Labu Aji Mata Jitu Waterfall Diwu Mba,i Waterfall Takat Segele. Harga termasuk :  Alat snorkeling Makan siang dengan menu tradisional di desa Labu Aji Entrance fee Ojek